Tekhnik Dasar Double Pedals

Posted: 27th October 2011 by Santara Prada in Musik

Teknik Double Pedal

Permainan double pedal tidak dapat anda pelajari hanya dengan membaca notasi karena untuk memainkan teknik double pedal perlu suatu teknik yang susah didapat dengan sendirinya.untuk memainkan double pedal perlu keseimbangan badan, kordinasi yang baik, serta kontrol.sepertinya mudah untuk memainkan double pedal pada sebagian pemain drum,tetapi jika tidak menggunakan teknik, mereka tidak akan merasa nyaman. banyak orang beranggapan, pemain drum yang dapat memainkan double pedal dengan lama  orang yang mempunyai stamina tinggi. pendapat seperti itu tidak seluruhnya benar karena jika anda memainkan doble pedal dengan teknik yang benar anda tidak akan cepat lelah saat memainkannya.
Dua macam teknik memainkan teknik double pedal, teknik menginjak pedal bass drum,yaitu teknik heel down,tumit menempel dan teknik heel up,tumit diangkat.Heel down merupakan teknik yang salah dalam memainkan permainan teknik double pedal,karena jika anda menginjak pedal dengan teknik ini maka beater pedal akan tenggelam di drumhead bass drum atau menempel di bass drum.suara bass drum jadi tertahan.oleh karena itu teknik heel down tidak cocok untuk memainkan double pedal. bahkan dapat di katakan, tidak mungkin kita memainkan teknik double pedal dengan menggunakan teknik ini, dan tidak ada drumer yang memainkan teknik ini.
Teknik heel up adalah posisi yang benar untuk memainkan double pedal. Tumit diangkat, posisi kaki dimundurkan hampir di ujung pedal. Posisi kaki ini berguna untuk memanfaatkan pegas pada pedal sehingga saat menginjak pedal, secara otomatis beater pedal akan terpental kembali karena mengandalkan pegas yang ada di pedal.Jadi,dengan menggunakn teknik heel up,kita tidak perlu bersusah payah lagi mengangkat kaki untuk menginjak pedal karena kaki dengan sendirinya terangkat oleh pegas pedal. kaki bertugas menginjak, meginjak dan menginjak sehingga anda sama sekali tidak menggunakan energi untuk mengangkat kaki. Cara ini tidak akan membuat anda cepat lelah.
  1. Santara Prada says:

    nice post :)

  2. You really allow it to be seem so easy with your presentation however i discover this subject to become truly something that I believe I’d by no means understand. It seems as well complex and very broad for me. I’m anticipating for your next post, I’ll try to get the hang of it!